Kata Sambutan Ketua DPP

DPP PERMASDA
Ketua DPP PERMASDA
Ketua DPP PERMASDA

Puji dan syukur pada Tuhan Yang maha esa,karena sudah berkenan memberikan kesempatan untuk dapat menghadirkan web www.dpppermasda.com. Semoga dengan hadirnya web ini dapat menjadi jendela informasi bagi masyarakat Dairi di Kota Batam sebagai tanah perantauan.

Apa itu suku pakpak,.? Suku Pakpak adalah salah satu suku bangsa yang terdapat di pulau Sumatra Indonesia dan tersebar di beberapa kabupaten/kota di Sumatra Utara dan Aceh.

Suku bangsa Pakpak Dairi mendiami bagian Utara, Barat Laut Danau Toba sampai perbatasan Sumatra Utara dengan provinsi Aceh (selatan).Sedikit mengenai Suku Pakpak Dairi yang sebenarnya terdiri atas 5 subsuku, dalam istilah setempat sering disebut dengan istilah Pakpak Silima suak yang terdiri dari :

  1. Pakpak Klasen (kabupaten Humbang Hasundutan dan Manduamas, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatra Utara)
  2. Pakpak Simsim (kabupaten Pakpak Bharat Sumatra Utara, ibukota Salak)
  3. Pakpak Boang (kabupaten Aceh-Singkil dan kota Sabulusalam-Aceh) propinsi Aceh
  4. Pakpak Pegagan (kabupaten Dairi Sumatra Utara, ibukota Sidikalang)
  5. Pakpak Keppas (kabupaten Dairi Sumatra Utara, ibukota Sidikalang)

Namun begitu banyak sub suku dan Marga yang dihasilkan,Masyarakat Dairi sangat kompak dan terus berkembang.Bahkan untuk daerah Provinsi Kepri suku Pakpak dairi sudah menyebar di 4 Kabupaten dan 2 kota yang ada di Kepri.

Kebudayaan Pakpak Dairi adalah satu diantara banyaknya budaya etnik yang memiliki karakteristik unik. Pakpak dairi menjadi sangat populer karena lestari, terpelihara, berkembang, terjaga melalui sejarah maupun nilai-nilai aplikatif kebudayaan, seperti kesenian, bahasa, prilaku, keorganisasian, etika, bahkan filosofi yang oleh sebagian orang Pakpak dijadikan pandangan hidup di dalam kehidupan sehari-hari

Jika untuk Kota Batam,jumlah suku Pakpak dairi sudah menyatu melalui kumpulan-kumpulan marga yang ada disetiap kecamatan di seluruh Kota Batam.

Oleh karena itu dengan semangkin banyaknya Masyarakat Dairi di Kota Batam maka dibentuklah DPP PERMASDA BATAM yang kantor pusatnya berada di Batam.Dan saya berharap sebagai ketua umum  DPP Perkumpulan Masyarakat Dairi (PERMASDA) yang akan dideklarisikan Pada Oktober 2015 nanti, sangat mengharapkan agar masyarakat Dairi yang menyebar di Kepri dapat disatukan dalam PERMASDA BATAM.

DPP PERMASDA BATAM, Perkumpulan Masyarakat Dairi merupakan organisasi sosial budaya orang Dairi yang berada di Kota Batam. Organisasi ini berperan memberikan wadah bagi orang-orang Dairi untuk mengembangkan potensi di Batam, serta pengembangan jati diri etnik, serta berperan membangun daerah Kota Batam khususnya dan Kepri pada umumnya.

Perkumpulan bersifat kebersamaan, kekeluargaan, ajang silaturahmi, solid dalam tatanan kesamaan suku, keakraban, gotong royong, dan dinamis. Perkumpulan Masyarakat Dairi adalah modal sosial bagi masyarakat di Kota Batam, mengingkat peran-peran perkumpulan dairi bukan hanya dirasakan oleh anggota, tetapi juga oleh masyarakat Kota Batam, pemerintah Kota Batam, dan juga pemerintah Provinsi Kepri. Sesuai dengan Anggaran Dasar dan Rumah Tangga (AD/ART) Perkumpulan Masyarakat Dairi , organisasi ini bergerak dalam tatanan keorganisasian yang jelas, memilki visi dan misi, struktur kepengurusan, keanggotaan yang bersifat terbuka, dan satu hal yang membedakan dengan organisasi lain ialah diwarnai dengan karakteristik Dairi yang sudah ada mencapai 15 sub suku di Batam.

Bahkan,untuk memperkenalkan PERMASDA di Indonesia pada umumnya dan Kepri secara khusus, kami dan seluruh pengurus sepakat menghadirkan Web Hosting yang dapat di akses di www.dpppermasda.com

Walaupun,berbagai kendala dalam menyusun web PERMASDA kami pengurus banyak mengalami hambatan.Tapi kami yakin melalui web ini dapat membantu menjangkau masyarakat dairi untuk dapat berinteraksi,memahami sejarah Dairi,serta menumbuhkan rasa bangga sebagai orang Dairi.

Horas,

Sahmadin sinaga SE.MM
Ketua Umum DPP PERMASDA BATAM